Subdivion surface - bevel - Solidy text 3D


Terima kasih telah mengunjungi blog sederhana ini, pada postingan kali ini saya akan membahas tentang subdivision surface - bevel dan solidify text 3D di blender
A.    Subdivision Surface
Dalam pemodelan objek permukaanya terlihat kasar sehingga perlu untuk menghaluskanya. Blender telah menyiapkan fitur untuk membuat permukaan objek menjadi lebih halus yaitu dengan fitur Subdivision Surface. Subdivision surface akan menghaluskan permukaan. Permukaan halus dapat dibuat dari bagian yang kasar memperhatikan batas rekursif yang terbagi pada masing-masing bagian poligonal menjadi bagian yang lebih luwes, mendekati permukaan halus.
Letak posisi Subdivision surface ada pada fitur Modifier yang terdapat
pada Menu Properties.

Latihan praktik :
1.      Buka blender, tambahkan objek UV Sphere

2.      Seleksi objek UV Sphere dihaluskan kemudian pilih object modifier, pilih subdivision surface
3.      Anda dapat mengatur tingkat kehalusannya di Subdivision Surface pada properties dengan mengubah angka view dan render. Semakin halus modelling objek, kerja komputer juga akan menjadi berat


                      

B.     Bevel
Teknik bevel dipakai untuk menghaluskan sudut objek yang sebelumnya runcing menjadi lebih halus
Latihan praktik :
1.      Siapkan objek sederhana berbentuk kubus.

2.      Agar dapat memberikan lekukan pada sudut objek kubus, ubahlah fitur Object Mode menjadi Edit mode. Hal tersebut dilakukan untuk masuk dalam proses pengeditan model.
Tekan A untuk menghilangkan seleksi pada objek.

3.      Pilih salah satu fitur garis yang disebut Edge pada menu yang terdapat di atas timeline.

4.      Klik Kanan pada garis yang terdapat pada sudut objek kubustersebut


5.      Lakukan trik pada garis sudut objek kubus tersebut dengan menekan Ctrl+B (shortcut bevel), geser mouse ke kiri/kanan untuk mengatur skalalekukan pada objek tersebut.
6.      Scroll
Up/Down pada mouse untuk menambahkan banyaknya potongan garis pada lekukan. Semakin banyak potongan garis akan semakin halus lekukan yang dibuat.

C.    Solidify Text 3D
Efek solidify merupakan fitur untuk menambahkan ketegasan teks agar mempunyai volume.
Latihan praktik :
1.      Buatlah sebuah teks dengan langkah, pilih Add – Text


2.      Ubahlah teks tersebut dengan mengubah fitur Object Mode menjadi Edit mode. Ubah view, menjadi top(7), untuk menghapus huruf pada teks dapat menggunakantombol Backspace.


3.      Ubah kembali fitur menjadi Object Mode agar dapat diberikan efek Solidify. Selanjutnya gunakan efek Solidify pada fitur Modifier yang terdapat pada Menu Properties. Fungsinya adalah untuk memberikan ketegasan pada bagian tepi teks/objek tersebut.
4.      Pilih Modifier – Add Modifie - Solidify.


5.      Aturlah Thickness pada Solidify tersebut. Semakin besar thickness maka akan semakin besar pula kekuatan Solidify pada bagian tepi teks.


6.      Akan tampak perubahan pada teks setelah diberikan efek Solidify seperti gambar berikut.








Previous
Next Post »