Membuat objek kursi dengan 3D blender untuk pemula



Pada postingan kali ini saya akan membahas bagaimana membuat objek kursi sederhana. berikut angkah-langkah yang dilakukan :
1.     Bukalah aplikasi Blender
2.     Ubah viewport menjadi Front (1) Ortho (5)

3.     LakukanSplitting
Arahkan cursor mouse pada sudut windows seperti yang ditunjukkan pada tanda lingkaran putih, kemudian klik kiri pada mouse, tahan dan geser ke arah kiri viewport hingga menjadi dua.

4.     Ubahlah viewport sebelah kanan menjadi RightOrtho dengan menekan 3 (ViewRight).

5.     Tekan A untuk menghilangkan seleksi pada objek
6.     Untuk mengedit objek menjadi sebuah kursi, ubahlah mode pilihan Object Mode menjadi Edit Mode

7.     Buatlah bagian dudukan sebuah kursi dengan mengecilkan objek mengikuti sumbu Z dengan menekan S(Scale) lalu tekan Z(Sumbu Z).

8.     Ubahlah salah satu viewport menjadi view Top Ortho dengan menekan angka 7 (ViewTop) pada keyboard.

9.     Pada objek Top Ortho, geser cursor mouse ke sisi objek, kemudian tambahkan garis baru dengan menekan CTRL+R, akan muncul garis baru berwarna ungu. Klik kiri mouse lalu geser garis berwana ungu tersebut ke sisi objek seperti gambar di bawah.

10.  Lakukan penambahan garis baru lagi dengan menekan CTRL+R, geser garis baru tersebut hingga seperti gambar di bawah ini.

11.  Tekan A untuk unselect, ubahlah pilihan menjadi FaceSelect

12.  Ubahlah viewport menjadi View Bottom Ortho dengan menekan CTRL+7 pada Keyboard. Seleksi 4 bagian pada objek untuk membuat kaki kursi dengan menekan Shift lalu tahan dan klik kanan untuk seleksi 4 bagian tersebut.

13.  Ubahlah kembali viewport menjadi View Front Ortho dengan menekan 1(View Front), kemudian extrude ke bawah dengan menekan E(Extrude) kemudian geser mouse ke bawah

14.  Ubahlah View menjadi View Top Orthodengan menekan angka 7 (View Top) pada keyboard, Seleksi 2 bagian atas kursi untuk membuat sandaran kursi dengan menekan Shift lalu tahan, kemudian klik kanan pada bagian kursi.


15.  Arahkan kursor ke layar right ortho, extrude bagian tersebut ke atas dengan menekanE ( Extrude) kemudian tekan Z ( Sumbu Z ).

16.  Tekan A untuk unselect. Seleksi 2 bagian kanan dan kiri sandaran dengan menekan Shift lalu tahan, kemudian klik kanan pada bagian kursi yang lainnya.

17.  Tekan X pilih Face kemudian hapus bagian yang berhadapan yang akan dibuat sandaran

18.  Hubungkan bagian kursi yang hilang dengan menyeleksi rusuk bagian kanan dan kiri kursi yang berhadapan (yang akan dibuat sandaran) dengan mengubah pilihan seleksi menjadi Edge select.

19.  Kemudian tekan F untuk menggabungkan bagian yang telah terseleksi, seperti gambar di bawah ini

20.  Ulangi dengan langkah yang sama untuk menghubungkan bagian bagian yang belum terhubung hingga semua bidang yang diperlukan tertutup

21.  Tekan F12 untuk melihat preview gambar.

berikut video lengkapnya







First